Selasa, November 01, 2011

Gelar Workshop RBM

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
KOTAAGUNG – Sebanyak 180 peserta dari berbagai dinas, instansi, dan elemen masyarakat mengikuti kegiatan Workshop Ruang Belajar Masyarakat (RBM) di Hotel 21, Gisting, Tanggamus, kemarin. Kegiatan yang digagas Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Tanggamus ini bertujuan memberikan pembelajaran seputar pembentukan kelompok kerja dan penyusunan program kerja RBM.
    Materi yang diberikan, antara lain, seputar ruang belajar masyarakat dan model peningkatan kapasitas masyarakat yang disampaikan oleh Jhon Odhius, S.T. Kemudian perlindungan aturan terhadap lembaga-lembaga masyarakat yang disampaikan Ketua Badan Legislasi DPRD Tanggamus Ir. Akhmadi Sumaryanto.
Akhmadi mengatakan, struktur RBM ini dibagi menjadi enam bidang yang masing-masing bidang membuat program kerja. ’’Setelah workshop pertama, akan dilaksanakan workshop lanjutan dengan materi rencana kerja dan tindak lanjut,” kata dia.
    Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengatakan, pada 2011 dan tahun depan, kabupaten ini akan mendapatkan bantuan PNPM Mandiri Pedesaan, PNPM RIS, dan PPIP. Program ini menjangkau seluruh kecamatan yang ada.
Karena program ini belum menjangkau seluruh pekon, maka Pemkab Tanggamus menyiapkan program Gerbang Helau dengan pola program yang sama dengan PNPM.
’’Karena itu, selain fisik yang dapat diukur secara kasatmata, perlu pembangunan manusianya atau SDM guna menyiapkan pelaku pembangunan fisik,” kata dia.
Dilanjutkan, pada 2011 ada 40 pekon yang mendapatkan bantuan PNPM  dan PPIP. Program ini harus dimaknai sebagai stimulan pembangunan, di mana masyarakat terlibat tidak hanya sebagai objek, tapi menjadi pelaku pembangunan itu sendiri. (ehl/c2/ais)


Tidak ada komentar: