Minggu, Maret 30, 2008

TInjau GN-RHL

Komisi B Tunda Peninjauan Proyek GNRHL
SKH Radar Tanggamus - Minggu, 09 Maret 08 - oleh : adyjin

KOTAAGUNG - Kesibukan anggota Komisi B DPRD Tanggamus dengan kegiatan pansus dan agenda dewan, membuat rencana kunjugan komisi ini untuk meninjau pelaksanaan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL) di Kabupaten Tanggamus kembali tertunda.
Hal ini disampaikan anggota Komisi B Ir. Akhmadi Sumaryanto. Menurutnya, rencana peninjauan tersebut diagendakan kembali pekan depan yang diawali dengan melihat kegiatan tersebut di Blok H Pekon Datarlebuay Kecamatan Airnaningan.
Kunjungan ini, menurutnya selain akan melihat hasil dari pelaksanaan kegiatan reboisasi hutan di Tanggamus yang telah menghabiskan dana miliaran dari pemerintah pusat juga untuk melihat berbagai kendala di lapangan.
”Sebagai lembaga pengawas pembangunan di Tanggamus, dewan berkepentingan melihat pelaksanaan pembangunan hutan di Tanggamus karena ini menyangkut dana anggaran yang besar juga proyek ini sangat penting untuk Kbupaten Tanggamus dimana kelestarian hutan yang akan berdampak pada daerah Tanggamus,” ujar Akhmadi.
Diakuinya, selama ini dewan telah meneruma laporan tentang kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kehutanan dan Perkebunan sebagai mitra Komisi B. Namun, katanya, laporan tersebut belum pernah ditindaklanjuti dengan turun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi sebenarnya.
”Apalagi saat ini disinyalir, selain adanya pembangunan hutan juga tingkat kerusakan hutan di Tanggamus yang kian parah, baik oleh penebangan liar atau dikenal dengan illegal logging juga akibat perambahan oleh masyarakat yang dijadikan areal perkebunan,” katanya. Untuk melihat apakah berbagai program tersebut benar-benar berjalan sesuai harapan dan tidak terjadi tumpang tindih program dengan program kehutanan lain yang ada. (Hairil)

Tidak ada komentar: