Minggu, Maret 30, 2008

ZULKIFLI dan AKHMADI

PKS Sandingkan Zulkifli dengan Akhmadi

SKH Lampung Post - Senin 24 Maret 2008.


BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPP PKS sepakat mencalonkan Zulkifli Anwar dan kader PKS Akhmadi Sumaryanto sebagai pasangan cagub Lampung 2008--2013. Zulkifli-Akhmadi juga didukung dua partai tengah, PAN dan Demokrat.

Hal ini disampaikan Ketua Departemen Polhukam DPP PKS Al Muzzammil Yusuf kepada Lampung Post, kemarin (23-3).

"Saya baru bicara dengan Presiden PKS. DPP menyambut baik keputusan DPP PAN mengusulkan Zulkifli Anwar sebagai cagub Lampung. Untuk cawagub disepakati dari PKS, yakni Akhmadi Sumaryanto," ujar Muzzammil melalui pesan singkat yang disampaikan pada Lampung Post.

Sehari sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan Zulkifli Anwar ditetapkan sebagai cagub PAN melalui rapat pleno DPP 19 Maret lalu. Penetapan itu dituangkan dalam SK Keputusan Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/022/III/2008 tanggal 19 Maret 2008, yang ditandatangani Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir dan Sekjen Zulkifli Hasan.

Selain PKS-PAN, DPP PKS menyatakan pasangan Zulkifli-Akhmadi juga didukung Partai Demokrat. "Untuk mengusung calon tersebut telah disepakati pula koalisi dengan PAN dan Partai Demokrat. Deklarasi tiga partai akan digelar pekan ini," ujar Muzzammil menyampaikan pesan Tifatul.

Tifatul mengajak semua pihak dan calon-calon yang akan maju dalam Pilgub Lampung berkompetisi jujur dan mematuhi segala aturan. "Mari kita berikan kesempatan pada masyarakat Lampung memilih gubernur sesuai dengan keinginan mereka. Biarkan masyarakat bahagia dengan pilihannya," ujar Tifatul.

Saat dikonfirmasi tadi malam, Plt. Ketua DPD Demokrat Lampung Peter Tji'din belum tahu soal dukungan pada Zulkifli Anwar. "Kalau benar, ya kami bersyukur. Berarti memang itu keputusan DPP. Kita lihat Selasa nantilah."

Keputusan DPP PKS mengusung Zulkifli-Akhmadi ditanggapi positif pengurus DPD PKS Bandar Lampung. Walaupun bertolak belakang dengan hasil musyawarah DPD yang mengusulkan Sjachroedin Z.P. dan Suharto, Ketua PKS Bandar Lampung Yusuf Effendi menilai Bupati Lampung Selatan itu pantas didukung.

"Kami memang berharap cagub yang benar-benar diketahui dan dipahami kader-kader internal karena sangat berpengaruh terhadap militansi kader. Insya Allah, kami siap memenangkan Zulkifli!" ujar Yusuf, kemarin.

Selain didukung hasil survei, Yusuf berharap cagub benar-benar memiliki rekam jejak yang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk cawagub, Yusuf menyatakan PKS Bandar Lampung secara musyawarah mengusulkan anggota DPR Abdul Hakim (kader), Wakil Ketua DPRD Lampung Gufron Azis Fuadi (kader), dan Ketua DPW PAN Lampung Abdullah Fadri sebagai cawagub. "Cawagub harus punya track record baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Popularitas 50% di kota dan punya pengalaman di eksekutif dan legislatif."

PKB-PBR

Dari kubu PKB dan PBR, dua partai ini belum memutuskan cagub yang akan diusung. Ketua Karteker DPW PKB Lampung Hermawi Taslim menyatakan masih menunggu hasil keputusan DPP.

Menurut Taslim, karteker belum diberi wewenang menangani pilgub. "Saya ini hanya karteker yang mengurusi konsolidasi dan muswilub. Jika DPP menginstruksikan, mungkin kami bisa kerjakan. Tapi sampai kini belum ada instruksi DPP," kata Taslim.

Muswilub DPW PKB Lampung akan digelar 40 hari lagi. "Kami laksanakan di Lampung," ujar Wakil Ketua DPP PKB ini.

Penentuan calon gubernur PBR, ujar Ketua DPW PBR Lampung Azhari Ali, akan diputuskan besok. "Termasuk sikap mendukung calon atau berkoalisi dengan partai lain," ujar Azhari yang mengaku sedang konsolidasi dengan pengurus DPP di Jakarta.

Yang pasti, ujar Azhari, bulan ini PBR sudah mengeluarkan keputusan. "Untuk koalisi, kami terus bangun termasuk dengan partai yang sudah mengusung pasangan. Kini sudah mendekati titik terang." n JUN/*/U-1

Tidak ada komentar: