Selasa, April 26, 2011

DPRD Tanggamus Kunker ke Sumedang
tribunlampung.co.id/dedi
Ahmadi Sumaryanto
Jumat, 15 April 2011 | 22:14 WIB
Ahmadi Sumaryanto
Anggota DPRD Tanggamus
dari Sumedang


SUMEDANG
merupakan salah satu daerah di Indonesia yang pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)-nya berjalan baik. Bahkan, Sumedang dijadikan pemerintah pusat sebagai salah satu daerah percontohan bagi pelaksanaan program PNPM.

Karena itu, selama tiga hari, Komisi D DPRD Tanggamus bersama dengan pihak Kantor Pemberdayaan Masyarkat Desa (PMD) Tanggamus melakukan kunjungan kerja ke sana. Rombongan berangkat Rabu (13/4/2011) dari Tanggamus, diterima oleh asisten bidang pembangunan mewakili bupati Sumedang Don Murdono pada Kamis (14/4/2011)

Dalam pertemuan itu, terungkap bahwa Sumedang adalah daerah yang pertama kali menerapkan program pembangunan partisipatif, yang kemudian menjadi contoh dari program PNPM. Program PNPM di Sumedang dimulai dari perencanaan di tingkat desa, lalu musyarawah desa hingga ke tingkat kecamatan.

Satu yang unik, program PNPM integrasi di Sumedang ini dimanfaatkannya juga bagi pengembangan seni budaya daerah. Bahkan Sumedang ditetapkan sebagai pusat pengembangan budaya Sunda di Jawa Barat. Lalu dimanfaatkan untuk pengembangan desa wisata Rancakalong. Tim meninjau langsung desa wisata ini pada Jumat (15/4/2011)

Tidak ada komentar: