Minggu, Januari 29, 2012

RSUD KOTA AGUNG MENUJU BLUD

Dewan Dukung Perubahan SKPD ke PPK-BLUD
Diposting oleh: Jay
Sabtu, 28 Januari 2012
KOTAAGUNG - Anggota DPRD Komisi D Kabupaten Tanggamus dari Fraksi PKS, Ir. Akhmadi Sumaryanto mendukung dan mengarahkan adanya perubahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ke Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotaagung.
"Jadi dalam hal ini pemerintah akan lebih dimudahkan. Karena nantinya segala administrasi yang dikelola RSUD dapat dikelola sendiri namun tetap harus ada laporan yang harus disampaikan ke pemerintah daerah,” ungkap dia kepada Radar Tanggamus belum lama ini.
Dia mengemukakan, pendampingan dalam hal pemenuhan standar keuangan dan administrasi perlu terus dilakukan. Dan BPKP menjadi pendamping yang paling diharapkan.
"Dengan model PPK BLUD ini diharapkan Tanggamus memiliki rumah sakit dengan standar layanan yang baik," harapnya.
Menurutnya, kendala belanja obat dan stok obat selama ini diyakini dapat teratasi dengan merubah jadi PPK BLUD sebelum berubahnya RSUD menjadi sistem BLUD yang diharapkan bisa maksimal dalam layanan.
"Setiap rumah sakit punya standarnya. Maka menyiapkan RSUD Kotaagung menuju standar layanan publik harus didukung. Termasuk dukungan anggarannya," jelasnya.
Untuk itu diharapkan adanya peningkatan pelayanan dan SDM rumah sakit. "Paling tidak tersenyumlah pada pengguna rumah sakit ini," saran Akhmadi.
Menurutnya, dengan tersenyum para pasien merasa dihargai dan dilindungi. Akhmadi menegaskan, langkah perubahan status ini harus segera dilaksanakan. Sehingga dengan berubah menjadi BLUD, RSUD bisa fleksibel dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dengan menerapkan praktik bisnis yang sehat. Selain itu, dengan mengelola keuangan sendiri, pelayanan dipastikan semakin meningkat.
Betapa tidak, rumah sakit tidak perlu menunggu realisasi anggaran dari pemerintah untuk menyediakan alat, perlengkapan dan barang yang diperlukan. Apalagi, untuk penyediaan kebutuhan barang yang sangat mendesak. “BLUD akan membuat RSUD tidak bergantung pada APBD dan akan lebih mandiri,” pungkasnya. (bet)

Tidak ada komentar: