Rabu, April 04, 2012

ASPIRASI : Perbamus Dukung Program Pembangunan Tanggamus PDF Print E-mail
Rabu, 04 April 2012 06:51
GISTING (Lampost): Masyarakat etnis Batak yang tergabung dalam Persatuan Batak Tanggamus (Perbamus) menyatakan siap berpartisipasi aktif mendukung program pembangunan di kabupaten itu. Dukungan itu akan diwujudkan dalam berbagai sektor seperti ekonomi, sosial, dan budaya sehingga tercipta kebersamaan yang lebih erat.
"Kami masyarakat Batak yang tergabung dalam Perbamus siap mendukung dan berpartisipasi secara aktif dalam memajukan Tanggamus menjadi daerah yang aman, tertib, lestari, dan mandiri sebagai visi pembangunan lima tahun ke depan," kata Ketua Perbamus K. Raja Gukguk, saat Pergelaran Seni Budaya Batak 2012, di Gisting, Senin (2-4).
Kegiatan yang berlangsung di Pekon Gisting Atas itu dihadiri Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, Ketua TP PKK Dewi Handayani, anggota DPRD Akhmadi Sumaryanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M. Shobir Toyib, Kepala Dinas Sosial Alfian Husin, Kabag Humas dan Protokol Hamid Lubis, serta sejumlah pejabat lainnya.
Sebagai bentuk dukungan itu, kata Raja Gukguk, selama ini warga Batak baik asal Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, dan Mandailing bahu-membahu dengan suku lain di Tanggamus yang dikenal heterogen. Sehingga, terwujud pembangunan di Bumi Begawi Jejama sesuai kapasitas dan profesi masing-masing.
"Saat ini ada sekitar 300 kepala keluarga etnis Batak menjadi bagian dari Kabupaten Tanggamus dan siap mendukung pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam melanjutkan pembangunan lima tahun ke depan," kata dia.
Bupati, dalam sambutannya, mengapresiasi dan memberi penghargaan tinggi kepada Perbamus. “Pemkab juga akan senantiasa mendukung dan memberikan ruang lebih bagi berkembangan seni budaya yang ada, sebagaimana halnya dengan seni budaya Batak ini. Saya minta warga etnis Batak yang ada di Tanggamus tidak hanya meningkatkan kecintaannya pada tanah Batak sebagai tanah leluhur, tapi dapat juga menumbuhkan rasa cintanya kepada Tanggamus," kata Bupati.
Sementara Ketua Panitia M. Simarmata mengatakan Pergelaran Seni dan Budaya Batak itu mengambil tema Melalui pergelaran seni budaya Batak, kita tingkatkan tali persaudaraan untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Kegiatan bertujuan menjalin tali silahturahmi masyarakat Tanggamus yang bersuku Batak

Tidak ada komentar: