Rabu, April 11, 2012

Tanggamus Produsen Buah Unggul PDF Print E-mail
Senin, 09 April 2012 23:50
GISTING—Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah yang berbasiskan pertanian. Hasil produksi pertanian daerah itu tidak hanya dikonsumsi warga setempat, tapi juga telah menyebar ke seluruh daerah di Provinsi Lampung, bahkan ke luar provinsi dan mancanegara.
Banyak varietas unggul daerah yang sudah bersertifikat nasional, seperti manggis, durian kajang, dan avokad. Selain itu, ada beberapa varietas lain yang sedang diupayakan untuk mendapatkan sertifikat unggul lokal, di antaranya pepaya yang berasal dari Pekon Campang, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus.
Perkebunan pepaya di pekon ini mula-mula dikembangkan Wawan, petani setempat, dengan spesifikasi khusus, yakni buah yang besar, warnanya yang merah mengundang selera, dan rasa buahnya yang manis dan segar. Varietas ini coba lebih dikembangkan Perhutani, salah satu LSM yang peduli pada pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan di Kabupaten Tanggamus.
Setelah melihat pembudidayaan pepaya oleh para petani setempat, ternyata hasilnya sangat menguntungkan. Bahkan, ada di antara mereka yang rela mengganti tanaman perkebunannya dari kopi dan cokelat menjadi pepaya yang difasilitasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Kini pepaya tersebut sedang diusulkan ke Balai Sertifikasi Bibit Departemen Pertanian untuk mendapat sertifikat unggul.
Melihat perkembangan yang cukup menggembirakan tersebut, Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan berinisiatif mengembangkan tanaman ini di beberapa kecamatan lain, yang memiliki suhu udara dan tekstur tanah yang mirip dengan Kecamatan Gisting yang berada di lereng Gunung Tanggamus. Sebab, pepaya jenis itu diduga hanya cocok tumbuh di daerah pegunungan dengan curah hujan yang tinggi.
Kecamatan-kecamatan yang diperkirakan cocok dengan kondisi tersebut, di antaranya Gunungalip, Kotaagung Timur, Sumberrejo, Pulaupanggung, Ulubelu, dan Airnaningan. Di beberapa kecamatan tersebut, Bupati memberikan bantuan bibit kepada petani untuk ditanam di halaman rumah masing-masing.
"Bantuan tersebut diharapkan dapat menambah pendapatan rumah tangga mereka," ujarnya.
Pemberian bibit tersebut diserahkan secara simbolis kepada tujuh perwakilan petani Kabupaten Tanggamus di Pekon Campang, Kecamatan Gisting, Rabu (4-4).
Pada saat penyerahan bantuan, Bupati Tanggamus didampingi beberapa anggota legislatif kabupaten setempat, di antaranya Pahlawan Usman dan Akhmadi Sumaryanto.
Dalam sambutannya, Bupati sempat menyinggung program-program lain, seperti pembangunan infrastruktur, kawasan industri terpadu maritim di Batu Balai, Kotaagung, yang keseluruhannya diperuntukkan kesejahteraan warga Kabupaten Tanggamus.

Tidak ada komentar: