Selasa, Februari 14, 2012

BMPS Tanggamus terbentuk

F. Mukhtaruddin Ketua BMPS Tanggamus
Jumat, 10 Februari 2012
SOAL PENDIDIKAN: Salah satu anggota BMPS Tanggamus yang diberikan mandate oleh pengurus BMPS Provinsi Lampung, Ir. Akhmadi Sumaryanto menyampaikan persoalan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Tanggamus.
GISTING - Pembentukan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Tanggamus akhirnya menetapkan F. Mukhtaruddin sebagai Ketua BMPS Kabupaten Tanggamus periode 2012-2017, sekaligus menjadi Ketua Formatur dalam pembentukan pengurus lengkap dibantu oleh Drs. Harsono, Bastari M. Nur, Darman, Zatunutqen, Suwardi dan Ir. Akhmadi Sumaryanto.
Kegiatan yang dihadiri pengurus yayasan dan perguruan swasta di Kabupaten Tanggamus, Kamis (9/2) diawali dengan acara pembukaan dan doa. Selanjutnya dirangkai dengan pembahasan kepengurusan BMPS Kabupaten Tanggamus.
Menurut salah satu anggota BMPS Tanggamus yang diberikan mandate oleh pengurus BMPS Provinsi Lampung, persoalan dunia pendidikan di Indonesia memang cukup banyak. Dan persoalan tersebut tidak dapat diselesaikan oleh pemerintah saja. Bahkan kenyataannya, lebih banyak sekolah swasta dibanding sekolah negeri.
“Selama ini memang Kabupaten Tanggamus belum terbentuk BMPS, karenanya pengurus BMPS Provinsi  Lampung memberi mandate kepada Drs. Harsono sebagai ketua, Drs. Amiruddin Harun sebagai sekretaris dengan anggota di antaranya saya sendiri, Bastari M. Nur pada 9 Februari 2012 bertempat di SMA Muhammadiyah Gisting. Pemberi mandate mengundang seluruh perguruan swasta yang ada di Kabupaten Tanggamus dan dihadiri 19 orang yang mewakili perguruan swasta,” kata Anggota Komisi D DPRD Tanggamus ini. 
Dalam pertemuan tersebut, imbuh Akhmadi, mengemukakan beberapa hal yang merupakan kepentingan sekolah-sekolah di Tanggamus. Di antaranya keinginan sekolah untuk meniadakan Ujian Nasioan dan dikembalikan menjadi Ebtanas. Karena tidak tepat standarisasi sekolah berdasar nilai. Selain itu juga tentang pendirian sekolah negeri beredekatan dengan sekolah-sekolah swasta.
Setelah melalui pembahasan, maka dibentuklah formatur yang beranggotakan 7 orang yakni, Drs. Harsono, Bastari M. Nur, F. Mukhtarudin, Darman, Zatunutqen, Suwardi dan Akhmadi Sumaryanto.
Berdasarkan rapat formatur itu, ucap dia, terbentuklah BMPS Tanggamus dengan pengurus ketua F. Mukhtaruddin, wakil ketua, H. Darman, sekretaris Suwardi dan kelengkapan pengurus lainnya.
Setelah terbentuknya BMPS Tanggamus. Langkah selanjutnya adalah melaporkan terbentuknya BMPS ke pengurus provinsi untuk dilantik. Kemudian ia menekankan agar perguruan swasta meningkatkan mutu, peran dan tanggungjawabnya dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. (bet)


Tidak ada komentar: