Selasa, Februari 14, 2012

POTENSI DAERAH : Tak Serius, Pariwisata Tanggamus Jalan di Tempat PDF Print E-mail
Minggu, 05 February 2012 22:34
KOTAAGUNG (Lampost): Potensi dan keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Tanggamus tak kalah menarik dengan daerah lain di Provinsi Lampung. Sayangnya, Pemkab setempat tidak serius menggarap potensi yang ada sehingga pariwisata di daerah ini berjalan di tempat.
Hal itu dikatakan Akhmadi Sumaryanto, ketua Badan Legislasi DPRD Tanggamus, Jumat (3-2).
Dia melihat dengan keunggulan komparatif yang dimiliki Tanggamus, bidang pariwisata di Tanggamus bakal maju karena kelebihan yang disediakan alam dan tidak dimiliki daerah lain.
Kabupaten Tanggamus mempunyai banyak sekali daerah tujuan wisata yang sangat bagus. Ada satu hal yang perlu diperhatikan agar daerah wisata Tanggamus yang dapat maju, yakni terjaminnya keamanan.
Akhmadi mencontohkan di Pulau Bali, bila soal keamanan pengunjung wisata dan warga setempat mulai terusik, masyarakat berupaya semaksimal mungkin untuk mengembalikan keamanan di sektor wisata yang tidak aman tersebut.
Mengambil contoh di Bali, Pemkab Tanggamus dalam meningkatkan keamanan bisa penempatan tenaga Satpol PP dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Sedangkan mekanisme pengamanannya itu terserah aparat, apakah menempatkan aparat tersebut di pos jaga atau berpatroli di daerah objek-objek wisata.
Tak kalah penting menggugah kesadaran warga tentang manfaat yang akan diperoleh bila wisata di daerahnya bisa berkembang.
"Masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa bila pariwisata di daerah tersebut maju dan berkembang, akan berimbas pada masyarakat setempat. Seperti mereka dapat menjual berbagai suvenir, kuliner, dan bidang usaha lainnya,” kata Akhmadi.
Dengan kata lain, Pemkab Tanggamus harus berbuat seoptimal mungkin dalam mengembangkan wisata di kabupaten Begawi Jejama tersebut.
"Pemkab Tanggamus sepertinya kurang serius dalam mengembangkan objek wisata yang ada. Padahal ini merupakan salah satu keunggulan yang kita miliki,” ujarnya.

Tidak ada komentar: